Visit Pangalengan

Dengan panorama yang ada dimiliki Pangalengan kita pasti kagum dengan keindahan alamnya.
Pemandangan yang indah, udara yang sejuk, siapa yang tidak mau untuk merasakanya. Untuk kalian-kalian yang bingung mau berlibur kemana, datang saja ke Pangalengan dijamin ketagihan deh meskipun dingin tetapi suasananya akan mengikat hati. Apalagi anda-anda yag sedang galau pasti sembuh deh galaunya hehehe…
Nah disini saya akan menjelaskan apa sih pangalengan itu dan tempat mana saja yang bisa kunjungi. Inilah Cuplikannya. Selamat menyimak dan jangan lupa untuk berkunjung ke Pangalengan .

Pangalengan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.
Pangalengan terletak di sebelah selatan Kota Bandung, dan terkenal akan beberapa objek wisata, seperti Danau yaitu Situ Cileunca dan Situ Cipanunjang. Danau kecil seperti Situ Gede Pangalengan, Situ Cicoledas, Situ Kanceuh dan Situ Cukul. Di Situ Cileunca kita bisa rafting atau disebut dengan arum jeram dengan kondisi air dan batu bebatuan yang menantang adrenalin serta dapat menambah kekompakan dan kebersamaan dengan teman-teman.

Selain danau, Pangalengan juga mempunyai pemandian ari panas seperti Pemandian air panas Cibolang, Tirta kamelia dan Tirta bidadari. Pangalengan juga dikenal sebagai daerah pertanian, peternakan dan perkebunan. Terdapat beberapa perkebunan teh dan kina yang dikelola oleh PTPN. Seperti Perkebunan Teh dan Kina di Malabar, Perkebunan teh dan kina di Kertamanah, Perkebunan teh di Purbasari, Perkebunan teh di Pasir Junghunh, Perkebunan teh dan kina Pasirmalang, Perkebunan teh Cukul dan Kebun Penelitian teh dan kina di Cibeureuem dan Cinchona.

Hasil pertanian seperti Kol, kentang, sawi, wortel, tomat dan lainnya. pertanian di daerah Pengalengan merupakan mata pencaharian warga sekitar, karena dengan suhu  dan jenis tanah yang cocok untuk bercocok tanam dan lahan yang luas baik di pekarangan rumah maupun di kebun untuk berbagai jenis sayuran. Pangalengan juga merupakan daerah penghasil susu sapi. Peternakan dan pengolahan susu di daerah Pangalengan dan daerah Bandung Selatan lainnya dikelola oleh Koperasi Peternakan Bandung Selatan Pangalengan (KPBS Pangalengan).

Selain sebagai penghasil sumber daya alam seperti yang telah dijelaskan diatas, Pangalengan juga memiliki cagar alam seperti Kampung adat Cikondang, Imah Hideung, Goong Kromong, Makam Boscha,  Batu Gantung, Makam Kramat Cikondang, Gua Belanda di Gunung Tilu. Cagar alam Pangalengan pun tidak kalah dengan cagar alam di daerah lainnya. Cagar alam yang ada di Panalengan sangat menakjubkan dan patut kita lestarikan sebagai budidaya budaya bangsa dan warisan leluhur kita. Seperti Cagar alam gunung tilu, cagar alam malabar, Gua belada di gunung tilu, Situs Gunung wayang. Air terjun pun tidak kalah indahnya dan membuat kita tergiur untuk meraskan jatuhnya air dari bebatuan. Air terjun di Pangalengan seperti Curug Panganten, Sanghiang, Plengan, Cibaliung, Ciruntah, Cikakapa, Cisanawindu, Patra, Cihideung dan Malabar.

Pangalengan dapat ditempuh selama 2 jam dari arah Bandung. Selama perjalanan pun kita bisa melihat berbagai pemandangan diantaranya hamparan sawah yang hijau, pepohonan yang tinggi dan beraneka ragam di sepanjang jalan pangalengan, hamparan teh, kebun yang ditanami sayuran dan pemandangan lainnya. Inilah foto-foto Pangalengan, semoga dapat menarik teman semua.


Pangalengan alam


Jalan Menuju Pangalengan

Untuk menuju ke situ Pangalengan ada beberapa jalan yang bisa di lalui. Jarak dari Pangalengan dari kota bandung adalah 45 km.  Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat dalam peta rute perjalanan dari kota Bandung ke Pangalengan di bawah ini.